It Contagious! Laporan Pelaksanaan Program Penguatan Solidaritas Warga Untuk Pemenuhan Hak Dasar di Indonesia Bagian Timur

Laporan dapat diunduh di sini: https://tinyurl.com/y44r68na

Di ulang tahun ke-13, Pikul menyampaikan laporan program kepada Oxfam Australia dan Oxfam Hongkong. Laporan ini menjadi salah satu milestone perubahan di Pikul, yang berarti juga milestone pencapaian visi Kampung Berdaulat 2016.

Laporan ini terdiri atas lima bagian, antara lain:
Bagian Pertama, Memotret Krisis, Menemukan Harapan – adalah bagian pendahuluan. Bagian ini memotret secara sangat global dan makro krisis di negara ini. Juga memberikan ringkasan umum tentang kondisi yang diimpikan Pikul, ketika perubahan itu sudah terjadi, serta strategi Pikul mencapai perubahan. Kesemuanya adalah insights dari proposal.

Bagian Kedua, 13 Capaian yang Kami Banggakan – adalah paparan hasil dari pengerjaan program. Paparan ini akan disusun berdasarkan tujuan-tujuan program sebagaimana dalam proposal. Tetapi sebagai organisasi yang bekerja di sistem yang kompleks dan menghormati dinamika dalam sistem tersebut, maka ada hasil-hasil yang tidak serta merta bisa dilihat relevansinya dengan hasil yang diharapkan sebagaimana tercantum dalam laporan. Tetapi, capaian-capaian ini tetap kami banggakan.

Bagian Ketiga, 13 Bahan Belajar: Kekuatan dan Tantangan – adalah kekuatan yang digunakan untuk mencapai hasil serta tantangan yang dihadapi. Ada banyak hal yang Pikul pelajari dari satu tahun ini, ada yang menjelaskan bagaimana Pikul bisa mencapai hasil-hasil luar biasa, ada juga yang menjelaskan mengapa Pikul harus melakukan lebih dan berbeda lagi.

Bagian Keempat, 13 Hal yang Ingin Dilakukan Berbeda dan Gagasan Baru – adalah gagasan-gagasan yang berkembang di Pikul untuk mengkapitalisasi kekuatan. Sebagian dari gagasan ini adalah gagasan yang praktis, sebagian lagi ambisius. Tetapi di tingkat gagasan, kami belajar untuk tidak mendiskon, agar tidak menghambat kreatifitas, tanpa tendensi untuk menjadi linier menjawab tantangan yang dipaparkan dalam bagian sebelumnya.

Bagian Kelima, Laporan Keuangan – berisi narasi laporan keuangan sebagai summary dari rincian dalam lampiran.***

Lainnya: