Laporan Riset: Kota-kota Kecil Kabupaten Urban di Indonesia

Laporan dapat diakses di sini: https://tinyurl.com/5c3ek5mp

Di Indonesia dan juga di banyak negara berkembang lainnya, fokus dari kebijakan dan studi perkotaan sering kali berkutat pada kota-kota besar. Proses urbanisasi di Indonesia umumnya dibayangkan sebagai arus perpindahan penduduk dari desa ke Jakarta untuk mencari penghidupan yang lebih layak – melahirkan kebijakan jahat “kota tertutup” di ibu kota dan seruan berkala memindahkan ibu kota ke tempat lain (Hägerdal, 2012).

Laporan ini merupakan bagian dari sebuah riset yang menelaah kota-kota kecil di India dan Indonesia dari kacamata lapangan kerja, migrasi, dan kaum muda. Inisiatif ini dapat terlaksana melalui pendanaan dari International Development Researh Centre (IDRC) dan Think Tank Initiative (TTI). Dua lembaga yang memungkinkan tim riset untuk mengeksplorasi isu-isu kritis pembangunan secara kreatif dan bermakna.

Laporan ini dihasilkan oleh Perkumpulan PIKUL berkolaborasi dengan JustJobs Network, pada tahun 2017 dan 2018.Terima kasih kepada teman-teman PIKUL yang berdedikasi dengan tulus mengumpulkan dan menganalisis data: Conny Herta Tiluata dan Septiani C. Suyono. Tidak lupa ucapan terima kasih disampaikan kepada Rido Hambandima, Elisabeth Umbu Tara, Arry Pellokila, Dedi Pah, Ciko Jacob, dan Alfrid Riwu atas kerja keras dalam survey lapangan. Terima kasih juga kepada Wakil Walikota Kupang, dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Kupang, yang mendukung penelitian ini.

Laporan ini juga merupakan upaya kolaboratif dengan penulis utama Gregory Randolph dari JustJobs Network dan Pantoro Tri Kuswardono dari Perkumpulan Pikul.***

Lainnya: